Aplikasi BBM Untuk PC Desktop

Aplikasi BBM Untuk PC Desktop

hendricreative.wordpress.com – BlackBerry merupakan perusahaan dari Kanada yang  selalu menarik perhatian media. Salah satunya adalah langkah perusahaan ini untuk mengusung BBM ke platform lain yaitu Android dan iOS.  Kini perusahaan yang dulunya bernama Research In Motion ini  akan melakukan langkah fenomenal lainnya yaitu, aplikasi BBM untuk PC Desktop. Sebuah langkah besar yang dilakukan oleh BlackBerry

Aplikasi BBM untuk PC Desktop bisa dikatakan sebagai sesuatu yang tidak terduga. Pasalanya layanan BlackBerry Messenger awalnya hanya eksklusif untuk pengguna smartphone BB. Setelah kepopuleran Android dan iOS, BBM  tidak lagi jadi pilihan. Hal ini karena fasilitas pesan instan lain lebih seru. Katakanlah WhatsApp, LINE, dan KakoTalk. Kepopuleran aplikasi-aplikasi  chating tersebut  karena dapat dijalankan di berbagai platform. Mulai dari perangkat Android, iOS, Windows, bahkan BB sekalipun.

BlackBerry sendiri sebenarnya masih cukup unggul karena keeksklusivitasannya. Ketika diumumkan akan ada aplikasi BBM untuk Android dan iOS, maka aplikasi jadi bahan pembicaraaan. Para pengguna Android dan iOS tentu senang karena mereka bisa menggunakan fasilitas dari BlackBerry ini tanpa perlu memiliki perangkat BlackBerry yang dianggap terlalu mahal untuk spesifikasi yang rendah.

Sayangnya aplikasi ini belum diluncurkan karena beberapa kendala. Nah lalu mengapa BlackBerry mengambil langkah menyediakan BBM untuk PC Desktop kala aplikasi mereka untuk Android belum terlaksana? Setidaknya ada beberapa alasan mengapa BlackBerry mengambil langkah fenomenal ini. Alasan tersebut akan dijelaskan berikut ini.

Mengalahkan Aplikasi Chating Lain

Kehadiran BBM untuk PC Desktop bisa dianggap sebagai langkah BlackBerry dalam menjegal kepopuleran aplikasi lain. Dengan muncul pada berbagai platform, BBM akan menarik perhatian semua pengguna, baik yang terbiasa dengan smartphone maupun yang sering menggunakan laptop atau komputer. Jika langkah ini segera dilakukan, bukan tidak mungkin WhatsApp akan tergeser  sebagai aplikasi chat  nomor 1. Apalagi WhatsApp tidak mendukung platform Desktop. Hal ini tentu sangat menguntungkan BlackBerry.

Tidak Ingin Eksklusif

Sebagai aplikasi yang pernah populer pada masanya, BBM dikenal sebagai aplikasi yang eksklusif. Bahkan yang menggunakan aplikasi ini hanyalah kalangan tertentu. Hal ini karena waktu itu harga BlackBerry masih belum terjangkau seperti sekarang. Hadirnya BBM lintas platform ini, baik untuk Android dan iOS, terutama BBM untuk PC Desktop akan membuat batasan eksklusivitas itu hilang. Tampaknya BlacBerry ingin agar BBM keluar dari “sangkar emas” untuk menimbun lebih banyak berlian.

Kemudahan Mengirimkan Pesan

Tujuan besar dari BlackBerry dalam menghadirkan BBM untuk PC sendiri adalah kemudahan mengirimkan pesan. Kemudahan dalam hal ini adalah bahwa seseorang tidak akan dibatasi oleh suatu perangkat tertentu dalam mengirimkan berbagai pesan. Pengguna dapat bebas melakukan kirim dan menerima pesan dari Smartphone, tablet, laptop  bahkan PC ukuran besar. BlackBerry sendiri mengklaim bahwa pembatasan BMM sendiri merupakan sebuah kesalahan yang dilakukan di masa lalu.

Langkah Besar Sebagai Penyedia Layanan

Kehadiran layanan BBM untuk PC bisa jadi merupakan salah satu langkah besar yang dilakukan Android setelah BBM untuk Android dan iOS. Langkah besar yang dimaksud adalah langkah perusahaan BlackBerry yang tidak hanya berfokus sebagia penyedia perangkat keras tetapi juga perangkat lunak. Bisa jadi kedepannya nanti, perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang hanya berfokus pada layanan penyedia aplikasi semata mengingat penjualan BlackBerry 10 tidaklah begitu memuaskan.

Itulah beberapa alasan yang bisa disimpulkan dari langkah BlackBerry dalam menghadirkan BBM untuk PC Desktop ini.  Adapun tampilan dari BlackBerry Messenger untuk Desktop ini sendiri sangat mirip dengan tampilan BlackBerry Bridge. Pemasanagan aplikasi ini sendiri mirip dengan penggunaan BBM di PlayBook. Pengguna harus menghubungkan smartphone dengan komputer. Setelah itu koneksikan dengan internet misalnya melalu jaringan Wi-Fi. Pengguna pun bisa langsung menggunakan layanan ini.

Layanan BBM untuk PC Desktop merupakan sebuah keputusan fenomenal. Bisa dikatakan akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari hadirnya layanan ini. BBM untuk Desktop sendiri tidak akah dihadirkan dalam waktu dekat mengingat BlackBerry masih fokus dalam penyempurnaan BBM untuk Android dan iOS.  Selain itu, BlakBerry hanya memberikan contoh tampilan BBM di PC Desktop yang menggunakan sistem operasi Windows. Belum ada kejelasan apakah aplikasi ini juga akan muncul pada sistem operasi Linux maupun Mac.

Sumber : (http://portal.paseban.com/news/127752/aplikasi-bbm-untuk-pc)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s