Tips dan Trik Menginstal Aplikasi Android di BlackBerry

Aplikasi Android di BlackBerry

hendricreative.wordpress.com – BlackBerry Ltd. (sebelumnya Research In Motion) baru saja meluncurkan BlackBerry OS 10. Ini adalah iterasi terbaru dan terbesar dari platform smartphone legendaris dan membawa fitur-fitur menarik untuk merangsang konsumen dan pelanggannya serta memenangkan kembali sebagian dari pangsa pasar yang hilang dengan munculnya iPhone. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android di BlackBerry 10. Saat ini, ia dapat menjalankan aplikasi apapun yang berjalan pada Android Gingerbread. Namun, versi berikutnya dari platform BlackBerry 10 menjanjikan kompatibilitas dengan segala sesuatu yang berjalan pada Android 4.2 Jellybean.

Ini tidak serumit kedengarannya. Yang Anda butuhkan untuk memulainya adalah Google Chrome dan sepuluh menit waktu Anda dan Anda bisa memainkan Android di BlackBerry 10 Anda.

Dapatkan Aplikasi Anda

Sebelum Anda memuat perangkat Anda dengan aplikasi Android favorit, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pertama, Anda tidak akan bisa drag and drop file APK ke perangkat Anda. Kecuali aplikasi Anda telah dikonversi ke format file BlackBerry ‘.BAR’, Anda hampir pasti harus mengubahnya.

Sayangnya, mengkonversi aplikasi bisa sangat rumit, dengan metodologi yang bervariasi dari platform ke platform. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa aplikasi yang dikonversi akan bekerja.

Untungnya, orang-orang di Crackberry.com telah bekerja keras untuk Anda dan mengkonversi sejumlah aplikasi Android yang populer, mengujinya dan membuatnya tersedia untuk Anda unduh.

Berbagai aplikasi yang ditawarkan sangat signifikan dan mencakup browser populer Opera Mini dan Dolphin, serta Google Maps, Tumblr dan Instagram. Seperti yang Anda duga, ada kemungkinan untuk menginstal aplikasi bajakan pada perangkat BlackBerry Anda. Namun perlu dicatat bahwa setiap bagian dari perangkat lunak yang dapat diunduh dari Crackberry juga tersedia secara gratis dari toko Android. Setelah memilih paket yang ingin Anda instal dan unduh ke komputer, Anda dapat beralih ke langkah berikutnya.

Aktifkan Development Mode

Development Mode pada BlackBerry 10 memungkinkan Anda untuk memotong BlackBerry App World dan menginstal, menghapus dan menjalankan aplikasi secara remote. Side-loading aplikasi Android ke BlackBerry Anda mengharuskan mengaktifkan fitur ini. Untuk melakukan hal ini, buka ‘setting’, arahkan ke ‘Security and Privacy’ dan buka ‘Development Mode’.

Dari sini, nyalakan ‘Use Development Mode’. Jika Anda belum melakukannya, Anda akan diminta untuk membuat password untuk perangkat Anda. Pastikan bahwa Anda memilih password yang mudah diingat, seperti yang harus Anda gunakan untuk login ke ponsel.

Sekarang, Anda hampir siap untuk beralih ke langkah berikutnya, namun Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika Anda gagal, berarti Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah berikutnya.

Instal ‘PlayBook App Manager’

PlayBook App Manager adalah ekstensi untuk Google Chrome yang memungkinkan Anda untuk menginstal software jarak jauh ke perangkat BlackBerry Anda. Jangan tertipu dengan nama, ini bukan hanya untuk tablet Playbook. Memang, ini mendukung semua perangkat yang menjalankan sistem operasi terbaru BlackBerry 10.

Setelah terinstal, Anda akan melihat ikon BlackBerry di samping bar alamat Anda. Tekan ikon tersebut untuk beralih ke halaman Playbook App Manager. Di sini, Anda harus menambahkan alamat IP perangkat Anda. Pastikan bahwa Anda tidak menambahkan development IP yang Anda lihat ketika mengaktifkan development mode, melainkan yang Anda lihat dalam System > About > Network.

Di bagian bawah halaman, Anda akan melihat alamat IP yang Anda ketik. Proses selanjutnya, abaikan SSL error. Umumnya, SSL error memang memprihatinkan. Namun kesalahan yang Anda lihat itu adalah hasil dari menghubungkan ke perangkat yang mengenkripsi semua lalu lintas antara komputer Anda dan perangkat tersebut, namun tidak memiliki sertifikat SSL yang telah dijamin oleh otoritas sertifikat. Umumnya, Anda memang harus khawatir dengan SSL error, yang memperingatkan masalah keamanan serius dengan situs yang Anda coba akses, namun semua ini normal. Selanjutnya tekan ‘okay’ dan teruskan ke langkah selanjutnya.

Setlah Anda melewati SSL error, masukkan password ke perangakt mobile Anda. Sekarang Anda hampir siap untuk mulai menginstal aplikasi Android pada ponsel BlackBerry Anda.

Instal Aplikasi Android

Unduh aplikasi yang ingin Anda instal, pastikan jenis file sudah tepat, atur ponsel pada developer mode dan instal Playbook App Manager. Langkah terakhir adalah menginstal aplikasi yang Anda pilih ke perangkat. Untuk melakukannya, drag and drop file ‘.bar’ ke jendela yang berisi Playbook App Manager. Setelah itu, aplikasi akan terinstal ke perangkat dengan sendirinya. Anda juga dapat mengetahui kemajuan proses instalasi dalam browser Anda. Setelah proses instalasi selesai, bukalah perangkat Anda. Anda akan melihat aplikasi yang terinstal di menu aplikasi, serta dalam jendela Playbook App Manager.

Sumber : (http://portal.paseban.com/article/126631/aplikasi-android-di-blackberry)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s