Cara Menghemat Baterai Smartphone

Cara Menghemat Baterai Smartphone

hendricreative.wordpress.com – Maraknya penjualan smartphone di tanah air, membuat jumlah pengguna smartphone di Indonesia semakin bertambah. Berbagai smartphone dengan sistem operasi seperti Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone, Firefox, Tizen, Bada dan lain-lain semakin membanjiri negara kita. Belum lagi ditambah vendor-vendor lokal yang memproduksi smartphone murah.

Banyaknya aplikasi dan fitur yang ada disematkan di smartphone membuat perangkat ini cepat terkuras baterainya. Ditambah dengan pengalaman pengguna smartphone yang kebanyakan pengguna pemula membuat smartphone sangat boros baterai. Padahal ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut cara menghemat baterai pada smartphone :
  1. Hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi brightnes layar. Karena tingkat brightness berdampak signifikan untuk daya tahan baterai smartphone anda.
  2. Matikan aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi yang berjalan di background smartphone sangat mempangurahi daya tahan baterai.
  3. Apabila tersedia wi-fi disekitar anda, sebaiknya menggunakan wi-fi karena sinyal wi-fi lebih hemat baterai jika dibandingkan dengan menggunakan sinyal 3G.
  4. Matikan wi-fi, bluetooth atau GPS saat tidak diperlukan karena penggunaan aplikasi ini akan terus menerus mencarai sinyal walaupun saat tidak digunakan
  5. Ganti notifikasi getar dengan suara, karena memproduksi getaran pada smartphone, membutuhkan energi yang lebih banyak jika dibanding memproduksi suara.
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s