Peretas ‘Anonymous’ Curi 4,6 Juta Nomor Ponsel

Topeng khas grup peretas Anonymous

hendricreative.wordpress.com – Data nomor ponsel itu diumbar di situs SnapchatDB. Kelompok peretas Anonymous  berhasil mendapatkan 4,6 juta nomor ponsel para pengguna Snapchat — aplikasi berbagi pesan dan foto yang sedang ramai digunakan di Amerika Serikat.

Namun, para peretas menunjukkan itikad baik. Meski berhasil membobol dan mengakses 4,6 juta nomor ponsel pengguna Snapchat, mereka meninggalkan pesan peringatan pada Snapchat untuk segera meningkatkan keamanan pada aplikasinya.

Daily Mail melansir, Kamis 2 Januari 2014, data 4,6 juta nomor ponsel pengguna Snapchat dirilis oleh kelompok peretas seminggu setelah Snapchat mengumumkan telah memperbaharui sistem keamanan pada aplikasinya. Namun, sistem keamanan dari Snapchat terbukti masih tidak aman.

Kelompok peretas ‘Anonim’ telah merilis data tersebut di situs SnapchatDB. Orang-orang bisa mengunduh daftar nama, nomor ponsel, serta lokasi para pengguna Snapchat.

Jahat? Tidak juga.

Karena peretas telah menghilangkan dua nomor telepon terakhir. Ini merupakan bentuk “peringatan” pada Snapchat supaya tidak menyepelekan keamanan aplikasinya.

“Perusahaan terlambat memperbaharui sistem keamanannya. Mereka harus lebih berhati-hati dalam menjaga informasi para pengguna. Kami telah mensensor dua digit nomor ponsel terakhir untuk mencegah adanya spam dan penyalahgunaan,” tulis kelompok peretas itu di situs SnapchatDB.

Sebelumnya, pada Hari Natal lalu, kelompok riset keamanan asal Australia, Gibson Security, telah mengungkapkan secara rinci dari sistem keamanan di situs Snapchat. Kelompok itu telah mengatakan bahwa sistem keamanan Snapchat sangat rentan terhadap aksi peretasan.

Namun, di akun Twitternya, Gibson Security membantah telah terlibat dalam pengambilan 4,6 juta nomor ponsel pengguna Snapchat.

“Kami tidak tahu apa-apa soal peretasan itu, apalagi situs SnapchatDB. Tapi kami tahu masalah ini pasti akan terjadi,” tulis Gibson Security.

Nama Snapchat mungkin masih asing di telinga kita. Tapi, aplikasi berbagi pesan dan foto ini sedang digandrungi oleh para muda-mudi di Amerika Serikat sekarang ini.

Sampai saat ini, menurut catatan Google Play, aplikasi Snapchat sudah diunduh sebanyak 10 sampai 50 juta pengguna. Belum diketahui angka persisnya.

Sumber : (http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/470362-peretas–anonymous–curi-4-6-juta-nomor-ponsel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s