Sony resmi melepas Vaio dan ubah fokus ke bisnis TV

Sony Vaio

hendricreative.wordpress.com Setelah adanya rumor yang membahas nasib produk Vaio selama beberapa minggu ini, Sony, perusahaan produsen Vaio, hari ini secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menjual bisnis PC mereka yang kesulitan tersebut untuk berkonsentrasi pada bisnis mobile, kamera, TV, dan game.

Setelah laporan sebelumnya mengatakan bahwa Lenovo kemungkinan akan membeli Vaio, pada akhirnya yang akan mengambil alih Vaio adalah Japan Industrial Partners di bulan Maret nanti. Saham Lenovo sempat jatuh ketika Sony mengatakan bahwa laporan media tersebut ternyata tidak tepat. Sony tidak memberi tahu berapa harga jual Vaio. Tapi media bisnis Nikkei sebelumnya melaporkan bahwa harganya bisa mencapai JPY 50 miliar (USD 493 juta).

Dengan penjualan tersebut, Sony akan melepas 1.500 staff-nya di Jepang dan 3.500 lainnya di luar Jepang. JPI berencana untuk merekrut 250 sampai 300 orang pegawai Sony tersebut untuk usaha baru mereka ini.

Produk-produk terbaru Vaio yang keluar musim semi ini akan menjadi produk terakhir yang dikeluarkan oleh Sony. Tapi Nikkei melaporkan bahwa JPI tetap akan melanjutkan bisnis Vaio.

Salah satu alasan merosotnya bisnis Vaio adalah menurunnya angka pengiriman PC di seluruh dunia seiring dengan semakin populernya perangkat mobile. Perusahaan riset Gartner memproyeksikan bahwa akan ada 278 unit PC yang terjual di tahun 2014, turun tujuh persen dibandingkan tahun lalu.

Selain menjual Vaio, Sony juga mengumumkan akan membuat anak perusahaan baru untuk bisnis TV-nya yang meskipun lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya, tetap menghasilkan banyak uang. Divisi baru ini akan merampungkan proses transisi pada bulan Juli dan berfokus pada model 4K.

Sumber : (http://id.berita.yahoo.com/sony-resmi-melepas-vaio-dan-ubah-fokus-ke-093034744.html)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s